Selasa, 18 Januari 2011

BUNGA - BUNGA RAKSASA ENDEMIK, KHAS, ISTIMEWA INDONESIA

Tidak hanya dunia fauna yang memiliki berbagai koleksi satwa yang eksotis dan unik, dunia flora juga mempunyai koleksinya yang tak kalah unik pula. Well, mungkin ini ya yang disebut dengan kesimbangan alam. Setelah googling sana - sini, berikut adalah kumpulan flora - flora yang menurut saya eksotis nan unik.


Bunga Bangkai

Tumbuhan dengan nama latin Amorphophallus titanum ini hidup di Indonesia, tepatnya banyak tumbuh di Sumatra.




Selain ukurannnya yang besar, bunga bangkai juga merupakan bunga tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 20 kaki. Bau busuk yang menjadi ciri khasnya adalah sebuah mekanisme untuk menarik perhatian serangga agar membantu penyerbukan.

Rafflesia arnoldi






 Rafflesia arnoldii merupakan bunga terbesar dan terberat di dunia. Ketika mekar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat kurang lebih 11 kilogram. Tanaman ini hidup secara parasit dengan menyerap nutrisi dari tanaman inangnya.

Pembentukan kelopak bunga tanaman ini memerlukan waktu yang cukup lama sebelum siap untuk mekar kembali. Sama dengan bunga bangkai diatas, tanaman ini juga mengeluarkan bau yang busuk sebagai cara untuk menarik serangga agar membantu tanaman ini untuk proses penyerbukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar