Sabtu, 18 Desember 2010

Lumut Kerak (LICHENES)

DESKRIPSI UMUM 
Lichenes (lumut kerak) merupakan gabungan antara fungi dan alga sehingga secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan. Lumut ini hidup secara epifit pada pohon-pohonan, di atas tanah terutama di daerah sekitar kutub utara, di atas batu cadas, di tepi pantai atau gunung-gunung yang tinggi. Tumbuhan ini tergolong tumbuhan perintis yang ikut berperan dalam pembentukan tanah. Tumbuhan ini bersifat endolitik karena dapat masuk pada bagian pinggir batu.
Pertumbuhan Lichenes sangat lambat dan kondisi yang cenderung mempercepat laju pertumbuhannya juga harus sesuai dengan pertumbuhan dari alga dan fungi yang nantinya akan terjadi simbiosis mutualisme. Dalam hidupnya Lichenes tidak memerlukan syarat hidup yang tinggi dan tahan terhadap kekurangan air dalam jangka waktu yang lama. Lichenes yang hidup pada batuan dapat menjadi kering karena teriknya matahari, tetapi tumbuhan ini tidak mati, dan jika turun hujan maka dapat hidup kembali. Tumbuhan ini memiliki warna yang bervariasi seperti putih, hijau keabu-abuan, kuning, oranye, coklat, merah dan hitam.
Lichenes dapat tumbuh baik pada kondisi-kondisi lingkungan yang sangat ekstrim dari gurun pasir sampai Antartika yang mempunyai temperatur di bawah 0 derejat celcius. Perbedaan geografis menghasilkan banyak sekali variasi dari tumbuhan tersebut. Lichenes terkenal dari kepekaannya akan kondisi alam tempat hidupnya, apabila terdapat gas polusi maka Lichenes tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan semestinya.

 Cladonia sp


1 komentar:

  1. bang bisa kasi tau klasifikasinya... n kalau bisa tambah lagi lah informasinya, oke bang ditunggu ya.

    BalasHapus